Apel

Senin, 12 September 2011

BENGKUANG

Buah bengkuang bentuknya seperti gasing. berwarna putih. rasanya segar berair dan agak manis. Bengkuang memiliki kandungan air sampai 80% oleh karena itu bengkuang memberikan efek buah yang bersifat dingin. karena itu bengkuang efektif untuk meredakan panas dalam dan sariawan dengan cara dimakan langsung atau di jus.

Bengkuang juga mengandung vitamin (A,B,C dan E) serta mineral (kalsium. fosfor dan zat besi). Selain dipakai sebagai produk kosmetik mencerahkan kulit.
Kandungan vitamin C pada buah bengkuang selain mencegah sariawan juga berfungsi sebagai antioksidan. Sedangkan vitamin B 1 untuk mencegah penyakit beri beri.

Buah bengkuang juga mengandung fitoestrogen. Wanita yang berusia lanjut yang mengalami menopause akan tetap segar bila selalu mengkonsumsi fitoestrogen alami yang terkandung dalam bengkuang.

kandungan air dan serat yang cukup tinggi dalam buah bengkuang berguna untuk mencegah sembelit, wasir bahkan kanker kolon. Kandungan seratnya membantu proses pencernaan, mengikat kolesterol (penyebab stroke dan sakit jantung) dan menurunkan kadar gula dalam darah sehingga cocok untuk diet bagi penderita diabetes.

Ternyata banyak sekali manfaat buah bengkuang untuk kesehatan. Jadi mulailah mengkonsumsi bengkuang tak hanya pada saat ingin membuat rujak saja tapi juga dimakan langsung atau di buat jus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar