Apel

Jumat, 12 Agustus 2011


APEL HIJAU.
Apel Hijau juga di sebut apel prince noble, ciri khasnya terletak pada warna kulit buahnya yang tetap hijau meskipun sudah masak. Rasanya segar sedikit asam, daging buahnya keras beraroma harum.




Masih ada banyak jenis lagi buah apel misalnya : Apel Rome beauty, apel Granny Smith. apel Cox's orange pipin , dll
Meskipun ada banyak jenis buah apel, tetapi manfaatnya sama. Berikut ini kita akan membahas manfaat mengkonsumsi apel bagi tubuh kita , antara lain :

  • Apel banyak mengandung serat yaitu serat selulose dan pektin. Serat ini sangat berguna bagi saluran pencernaan kita. karena serat ini akan mengikat sisa sisa makanan menuju saluran pembuangan, Pektin akan mengikat berbagai zat termasuk kolesterol yang bisa memicu serangan jantung dan mampu memperlambat masuknya glukosa dari karbohidrat ke dalam aliran darah. Itu berarti apel mampu menurunkan resiko penyakit kencing manis. Selain itu karena kaya serat inilah apel menjadi buah andalan dalam program penurunan berat badan atau diet.
  • Asam D Glucaric dalam apel berguna untuk menurunkan kolesterol.
  • Apel mengandung Flavonoid Quarcetin yaitu antioksidan untuk mencegah peradangan dan kerusakan akibat radikal bebeas, sehingga mnghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Asam tartar dalam apel dapat membunuh bakteri dalam saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat akan menghindarkan dari resiko kanker usus.
  • Apel mengandung tanin yang berguna untuk membersihkan dan menyegarkan mulut sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit mulut.
Apel mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhhkan oleh tubuh. Buah apel dapat dimakan langsung tanpa dikupas (tap[ harus tetap dicuci bersih lebih duku) karena kulit apel juga mengandung serat selulosa. Oleh karena itu tidaklah rugi bila kita mengkonsumsinya tiap hari , adalah benar ungkapan ini " an apple a day keeps the doctor away".


Pada postingan berikutnya kita akan membahas cara-cara mengolah apel menjadi makanan dan minuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar