Apel

Rabu, 10 Agustus 2011

ANGGUR.


Buah anggur bentuknya bergerombol , bergelantungan di dari warnanya kita hanya mengenal ada anggur merah. anggur hijau. anggur hitam. dan lain sebagainya. Tapi ada pula yang mengenal anggur dari penjual buah, yang hanya menyebutkan daerah asalnya yaitu anggur probolinggo dan anggur bali.






Berikut di bawah ini kami ambil cuplikan foto yang di ambil dari berbagai sumber yang mungkin akan membuat kita mengenal beberapa jenis buah anggur.













ANGGUR PROBOLINGGO.
Anggur probolinggo ada 2 macam yaitu anggur merah dan anggur putih (putih hijau kekuningan) bentuknya bulat, ada lapisan tepung pada kulit anggur. Rasanya manis.




ANGGUR BALI.
Bentuk buah bulat, kulit buah yang matang berwarna ungu, dilapisi tepung atau lapisan lilin yang tebal. Daging buahnya berwarna putih dan rasanya manis.








ANGGUR AUSTRALIA.
Bentuk buahnya bulat agak lonjong. Kulitnya tebal berwarna merah kehitaman. Rasanya manis segar dan aromanya harum









ANGGUR ISABELA.
Warna kulit kemerah kehitaman, daging buahnya tebal berair. Rasanya sedikit manis karena cenderung asam








ANGGUR DELAWARE.
Bila matang berwarna merah kehitaman, tapi daging buahnya berwarna kehijauan dan kandungan airnya banyak









ANGGUR GROSS COLMAN.
buah yang matang berwarna merah kehitaman tetapi daging buahnya berwarna putih. rasanya manis asam.







ANGGUR CHINSIANG.
Berasal dari Taiwan. Buahnya agak oval. buah yang matang kulitnya berwarna hijau bening sedikit berkapur. Rasanya manis teksturnya lunak dan kandungan airnya tinggi.










ANGGUR CHIFUNG.
Anggur Chifung berasal dari Taiwan. Bila matang buahnya berwarna merah kecoklatan. Rasa daging buahnya manis.





Melihat tampilan buah anggur yang menggerombol di atas membuat kita ingin memetik satu butir saja untuk mencicipi rasanya. Anggur banyak sekali manfaatnya. Dari sumber Wikipedia. disebutkan manfaat anggur untuk kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin. Penelitian lain mengungkapkan senyawa aktif dalam anggur mampu menigkatkan kerja sel endotelar yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri. Sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Anggur mangandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat dari pada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkaatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida dalam darah

Anggur mampu menyingkirkan asam pada sistem ginjal dan akan mengurangi gangguan tekanan di ginjal. Kandungan magnesiumnya untuk menggelontor kotoran dalam pencernaan . Lantaran kandungan serat kasarnya yang melimpah dalam kulit buahnya. Kandungan seratnya diperkaya dengan zat pencahar ringan. sehingga memperlancar buang air besar.

Minum Jus anggur bisa membangkitkan semangat. menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan kekebalan tubuh.
Buah anggur bisa difermentasi menjadi minuman beralkohol. dikeringkan menjadi kismis, diolah menjadi selai dan lain-lain. Dalam postingan berikutnya kita akan membahas tentang pengolahan anggur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar