Apel

Selasa, 11 Oktober 2011

BLACKBERRY

Nama blackberry selama ini hanya kita kenal sebagai merk telepon genggam, sedangkan buah blackberry terasa asing bagi kita karena jarang kita jumpai di pasar-pasar tradisional


Bentuk buah blackberry seperti anggur hanya bentuknya kecil bergerombol. Warna buahnya ketika masih muda berwarna hijau kemudian kemerahan dan menjadi kehitaman ketika sudah masak


Kandungan vitamin dan mineral buah blackberry adalah : Vitamin C dan vitamin E, tanin, anthocyanin, latein, asam folat. mangan dan lain-lain.
Secara terinci akan diuraikan di bawah ini.

  • - Vitamin C pada blackberry lebih tinggi dibandingkan dengan buah blueberry. Vitamin C nya berguna sebagai antioksidan yang fungsinya untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu Vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga dapat mengurangi resiko anemia.

  • - Vitamin E menjaga kulit tetap kencang, menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas polusi dan debu. Caranya : 1 tangkai blackberry ditambah 1 sendok madu dan 1 sendok yoghurt, diblender sampai halus kemudian di laburkan pada kulit wajah dan leher, Biarkan selama 5 menit, kemudian cuci muka dengan air hangat.

  • - Kandungan seratnya membuat fungsi usus/saluran pencernaan dan membantu menurunkan kolesterol.

  • - Senyawa Tanin yang terkandung dalam blackberry bisa dipakai untuk rnenyembuhkan luka. Caranya oleskan buah berry ini pada kulit yang terluka. maka jaringan kulit akan mengencang sehingga mengurangi pendarahan.

  • - Blackberry mengandung Latein yang berfungsi untuk melindungi mata dari pigmen mokul yang terletak di belakang retina. Lutein membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi UV.

  • - Mengkonsumsi blackberry memberi kita hampir 1/2 asupan harian mangaan. Seperti diketahui mangaan membantu menguatkan jaringan ikat tubuh, penting untuk membangun struktur tulang yang kuat.

  • - Blackberry mengandung asam folat yang memegang peranan penting untuk pertumbuhan sel. Wanita hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi buah blackberry untuk mengurangi resiko bayi lahir cacat.

  • - Blackberry mengandung Anthocyanin yaitu sekelompok pigmen pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan. Beberapa anthocyanin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu berry hitam ini mengandung flavonoid yang terbukti efektif melawan kanker kerongkongan.

1 komentar: